Syahbandar Di Pelabuhan Perikanan

Perikananku ID - Syahbandar Di Pelabuhan Perikanan. Kesyahbandaran di pelabuhan perikanan adalah pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan di pelabuhan perikanan untuk menjamin keamanan dan keselamatan operasional kapal perikanan. 
Pengertian syahbandar di pelabuhan perikanan
Syahbandar di pelabuhan perikanan adalah pejabat pemerintah yang ditempatkan secara khusus di pelabuhan perikanan untuk pengurusan administratif dan menjalankan fungsi menjaga keselamatan pelayaran.

Pengertian keselamatan pelayaran
Keselamatan Pelayaran adalah rangkaian tindakan pemeriksaan terhadap kelaiklautan kapal, laik tangkap dan laik simpan yang dinyatakan dengan dokumen kapal.

Prosedur pengangkatan Syahbandar di Pelabuhan Perikanan
Syahbandar di pelabuhan perikanan diangkat setelah memiliki surat keterangan tanda lulus pendidikan dan pelatihan kesyahbandaran. Syahbandar di pelabuhan perikanan diangkat oleh Menteri yang membidangi urusan Pelayaran (Menteri Perhubungan) atas usulan Menteri yang membidangi urusan perikanan.

Syahbandar di pelabuhan perikanan ditempatkan dan ditugaskan di pelabuhan perikanan dengan mempertimbangkan usulan dari:
1) kepala pelabuhan perikanan untuk pelabuhan perikanan Unit Pelaksana Teknis Kementerian dan pelabuhan perikanan swasta; atau
2) kepala dinas provinsi atau kabupaten/kota untuk pelabuhan perikanan Unit Pelaksana Teknis Daerah provinsi atau kabupaten/kota;

Dengan mempertimbangkan beberapa hal antara lain: Masa kerja di bidang kesyahbandaran paling singkat selama 3 (tiga) bulan; mengikuti pendidikan dan pelatihan di bidang pemeriksaan kapal perikanan dan alat penangkapan ikan; kebutuhan pelayanan kesyahbandaran; dan ketersediaan sarana dan prasarana fungsional.

Syahbandar di pelabuhan perikanan ditempatkan dan ditugaskan oleh Direktur Jenderal. Adapun berikut ini adalah tugas dan wewenang Syahbandar di Pelabuhan Perikanan.


0 Response to "Syahbandar Di Pelabuhan Perikanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel