Tak Hanya Resmikan KJA offshore, KKP Juga Serahkan Bantuan Bagi Nelayan di Pangandaran

Perikananku ID - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat memberikan sambutan dalam peresmian KJA Offshore di Pangandaran (24/4/2018) oleh Presiden RI Joko Widodo mengatakan jika salah satu dari 3 KJA offshore percontohan yang dibangun KKP ini menunjukkan hasil yang baik. Selanjutnya diharapkan hal ini dapat menarik investor untuk melakukan usaha budidaya ikan dengan teknologi serupa pada wilayah lainnya. Hal ini dalam rangka mengoptimalkan potensi perikanan budidaya di lepas pantai Indonesia yang sangat besar.
Tak Hanya Resmikan KJA offshore, KKP Juga Serahkan Bantuan Bagi Nelayan di Pangandaran
Tak Hanya Resmikan KJA offshore, KKP Juga Serahkan Bantuan Bagi Nelayan di Pangandaran
KJA offshore memiliki memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan KJA konvensional. Kedalaman jaring KJA offshore bisa mencapai 15 meter, sehingga dalam pengoperasiannya dapat menampung lebih banyak benih ikan. Satu unit KJA offshore dengan 8 lubang setidaknya dapat menampung sampai dengan 1,2 juta benih /tahun, artinya produksinya bisa lebih tinggi mencapai 816 ton per tahun. Bandingkan saja dengan 8 lubang KJA konvensional yang hanya dapat memproduksi sekitar 5,4 ton per tahun.

Menteri Susi, menyebutkan jika dalam pengelolaan KJA ini, nelayan akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) dari usaha kerjasama dua BUMN seperti Perum Perindo dan PT Perinus. "Jadi dilakukan bersama-sama dengan masyarakat. Hasilnya nanti untuk dijual di sini ataupun untuk diekspor,".

Penyataan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini senada dengan apa yang diutarakan oleh Presiden Jokowi untuk memasarkan hasil budidaya KJA offshore tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di luar negeri.

"Kita harapkan nantinya juga dapat diekspor ke negara - negara di Timur Tengah, Australia, Eropa, atau negara lainnya, tentunya karena produk ekspor memiliki harga yang lebih baik. Apalagi saat ini kan banyak negara-negara yang sudah habis ikannya. Sedangkan di kita masih memiliki potensi / peluang yang besar untuk meningkatkan hasil produksi," ujar Jokowi.

Tak hanya peresmian KJA offshore, KKP juga menyerahkan bantuan bagi nelayan dalam acara di Pangandaran tersebut seperti fasilitasi permodalan nelayan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan menjalin bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk 5 orang nelayan senilai Rp. 87 juta; 1 unit excavator; bantuan 3,9 juta ekor benih ikan; 1 paket revitalisasi saluran irigasi untuk kawasan budidaya senilai hampir Rp2 miliar; serta 2 unit Chest Freezer dengan kapasitas 300 Liter senilai Rp14 juta untuk kelompok - kelompok pengolah dan pemasar ikan.

0 Response to "Tak Hanya Resmikan KJA offshore, KKP Juga Serahkan Bantuan Bagi Nelayan di Pangandaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel